Penulis utama   : Jiang Liping

Penerbit              : PT. Legacy Utama Kreasindo (Jl. Kapt. P. Tendean 12B, Jakarta Mampang, Jakarta)

ISBN                      : 978-602-8985-37-6

Pada bulan september Prodi Pendidikan Sastra Mandarin membeli beberapa buku untuk Program studi Mandarin salah satunya buku Panduan Persiapan HSK yang di tulis oleh Jiang Liping. Buku ini diterbitkan oleh PT. Legacy Utama Kreasindo Jl. Kapt. P. Tendean 12B, Jakarta Mampang, Jakarta. Buku ini terdiri 6 buku ajar dan buku latihan. Salah satu buku yang saya ulas yaitu buku latihan seri 6A. Buku ini berisi tentang tes dasarnisasi internasional kemampuan bahasa Tionghoa yang memfokuskan pada penilaian bahasa Tionghoa sebagai bahasa kedua dalam hidup, belajar dan bekerja dalam kapasitasnya sebagai bahsa komunikasi bagi orang asing di luar Tiongkok.  Ujian HSk dibagi menjadi 6 tingkat ujian tertulis dan tingkat ujian lisan.

Buku ini telah mengalami revisi pada tahun 2009 dengan berpindah titik fokus dari menguji pengetahun Bahasa Tionghoa menjadi menguji kemampuan komunikasi para peserta dalam menggunakan Bahasa Tionghoa. Hal ini membuat terobosan besar dalam konsep ujian dan penyesuaian dalam pengajaran Bahasa Tionghoa di negara-negara lain. Sebagai akibatnya perubahan atau revisi yang telah dilakukan digunakan untuk menentukan standar kompetensi Bahasa Tionghoa seseorang dan merupakan sebuah kriteria penting yang digunakan oleh peserta yang ingin melanjutkan pendidikan lebih lanjut atau digunakan untuk bekerja.

Untuk mempromosikan citra dan standar Konfusius Institut dalam pengajaran Bahasa Tionghoa, perlu dibentuk suatu sistem bahan pengajaran dan kelas Bahasa Tionghoa yang mudah, praktis, efisien dan selangkah demi selangkah menuntun penggunanya meningkatkan penguasaan bahasa Tionghoa yang mereka miliki. Buku ini telah di sahkan secara resmi oleh Hanban dan dikembangkan dibawah usaha bersama antara Chinese testing International (CTI) dan beijing Language and Culture University Press. Buku ini disertai gaya ajar yang humoris, topik akrab dan desain ilmiah. Disesuaikan dengan ujian HSK dalam segala aspek, baik darin konten, bentuk dan tingkat, ini adalah seri buku pelajaran yang mudah diaplikasikan dan yang menempatkan gagasan “penggabungan ujian  dengan pembelajaran, serta meningkatan konsep belajar dan mengajar dengan pengujian” kedalam praktiknya.

Buku ini disusun secara sistematik dan holistik sesuai dengan silabus yang sudah ditetapkan oleh panitia resmi ujian HSK di Tiongkok (Hanban) sehingga para peserta ujian dapat mempersiapkan diri lebih mantap dan percaya diri, maka kami bekerjasama langsung dengan Hanban (Confucius Institute Headquaters) Tiongkok dan Beijing Languange and Culture University Press untuk menerbitkan buku “Panduan Persiapan HSK” di Indonesia.

Fitur utama dari buku ini adalah :

  1. Merupakan buku pelajaran resmi yang disertifikasi oleh Confucius Institute Headquarter/Hanban (panitia pusat HSK) sebagai buku persiapan ujian HSK di seluruh dunia.
  2. Terdiri dari Buku Ajar (Textbook) dan Buku Latihan (Workbook) yang disusun secara sistemastis dan holistik sesuai dengan silabus resmi HSK yang dibuat oleh Hanban.
  3. Penyajian bahan ajar disusun secara tematik dan memfokuskan pada pengguna dalam mengembangkan keterampilan berbahasa dan bekomunikasi dalam kehgidupan sehari-hari.
  4. Soal-soal pada buku Latihan disusun dengan tipe pertanyaan ujian HSK sehingga para pengguna secara otomatis dapat menyesuaikan diri dengan tipe ujian yang sebenarnya.
  5. Tata bahasa, pelafalan dan pengetahuan tentang aksara Tionghoa yang perlu dikuatkan disetiap tingkatan dijelaskan dengan detail.

Buku ini juga dilengkapi dengan QR Code yang dapat digunakan untuk belajar online dan disediakan audio play untuk listening pada seluruh seri buku ini mulai dari seri 1 sampai seri 6. Buku ini terdiri dari 20 bab dengan 3 subbab pada masing-masing bab.

Pada halaman terakhir setiap buku ajar terdapat daftar kosakata yang terdisi dari beberapa singkatan istilah dalam Mandarin dan kosakata baru yang disertakan golongan katanya masing-masing.